Komponen utama pada Generator Set ( GENSET )

Generator Set / Genset adalah mesin yang menggerakkan pembangkit listrik melalui mesin/engine.

Genset diperlukan ketika ada kekurangan dalam pembangkitan energi listrik di suatu tempat, atau ketika sering terjadi pemadaman listrik.

Didalam genset ada beberapa komponen yang membantu untuk bisa menghasilkan daya listrik :

  1. Mesin / Engine

Mesin adalah komponen utama dari genset, karena mesin adalah sumber energi input mekanis untuk generator sehingga generator dapat menghasilkan tenaga listrik, Mesin perlu bahan bakar agar dapat di gunakan, bahan bakar genset diantaranya gasoline atau diesel, bahan bakar diesel biasanya digunakan untuk genset dengan kapasitas besar sedangkan bensin dan gasoline umumnya di gunakan untuk genset kapasitas kecil.

2. Alternator

Alternator adalah komponen yang terletak di dalam generator Alternator ini adalah bagian yang menghasilkan output listrik pada sebuah genset, alternator terdiri dari dua bagian penting yaitu :
Stator
Stator adalah komponen stationer, terbuat dari kumparan kawat yang dililitkan pada suatu poros besi yang dapat memotong medan magnet yang dihasilkan oleh rotor yang berputar komponen stator ini statis tidak bergerak dan tidak berputar di dalam alternator.
Rotor
Rotor adalah komponen yang tidak kalah penting dari Stator, Rotor menggerakkan medan magnet yang terdapat dalam genset sehingga dapat menghasilkan energi listrik didalamnya.

3. EXHAUST COOLING ( Sistem Pendingin )


Komponen ini sangat penting untuk mendinginkan suhu pada genset saat digunakan, saat genset digunakan maka suhu pada genset akan panas, oleh sebab itu komponen ini sangat penting untuk genset supaya panas nya tidak menimbulkan kerusakan pada genset jika suhu pada genset sangat panas maka bisa berakitabat fatal seperti kebakaran, itu sebabnya pendingin ini sangat penting supaya suhu pada genset saat digunakan tetap terjaga.

4. AVR ( Auto Voltage Regulator )


AVR adalah komponen yang berfungsi untuk menjaga Kestabilan tegangan listrik yang dihasilkan genset. Apabila tegangan listrik yang dihasilkan oleh genset telalu tinggi maka tugas AVR menyetabilkan kembali supaya listrik yang di hasilkan oleh genset tidak merusak perangkat elektronik yang digunakan.

5. BATERAI

Baterai pada genset berfungsi untuk mensuport komponen yang ada di dalam genset, Beterai di charge secara otomatis ketika genset digunakan.

6. CONTROL PANEL

Control Panel merupakan interface dari generator yang mengatur output listrik serta settingan generator, dari Control panel tersebut kita bisa Mengontrol tegangan listrik, daya listik yang digunakan, dan memantau jika ada kendala seperti komponen yang tidak bekerja secara maksimal dll.

Itulah beberapa komponen genset yang penting dan yang perlu kita perhatikan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *